Selasa, 25 September 2007

ArTiKeL RaMadHaN

Hikmah yang terkandung dalam ibadah puasa pun marak dikaji dan dikembangkan. Ada nilai sosial, kemanusiaan, solidaritas, kebersamaan, persahabatan yang terus dicari untuk dinikmati dalam nilai-nilai ibadah Ramadhan ini.
Semuanya adalah nilai-nilai positif yang terkandung dalam puasa Ramadhan yang sudah selayaknya tidak hanya dipahami sebagai wacana yang memenuhi intelektualitas kita saja, namun menuntut implementasi dan penghayatan dalam setiap aspek kehidupan kita.
Selain itu, tentunya bagaimana kita merancang langkah-langkah strategis dalam mengisinya agar mampu memproduksi nilai-nilai positif dan hikmah yang dikandungnya. Jadi, tidak hanya berfiktir untuk menu untuk berbuka puasa dan sahur saja.
Ramadhan adalah bulan penyemangat jiwa. Bulan yang mengisi kembali baterai jiwa setiap umat muslim. Ramadhan sebagai bulan ibadah, harus dapat dimaknai dengan semangat pengamalan ibadah yang sempurna. Ramadhan sebagai bulan petunjuk, harus diimplementasikan dengan semangat dalam mengajak kepada jalan yang benar.
Ramadhan sebagai bulan kemenangan, harus dimaknai dengan memenangkan kebaikan atas segala keburukan. Ramadhan sebagai bulan ampunan, harus kita hiasi dengan meminta dan memberikan ampunan.
Rasulullah saw bersabda dalam sebuah hadis bahwa dengan puasa kita belajar mengendalikan hawa nafsu serta mengendalikan setan yang menipu dan menjebak kita. Pada waktu kita puasa, kita membelenggu setan, membuka pintu surga dan menutup pintu neraka.
Kita belajar menahan setan supaya tak masuk ke dalam tubuh kita. Salah satu pintu masuk setan ke dalam tubuh kita adalah melalui makan dan minum. Kita tutup pintu-pintu itu pada waktu siang hari. Kita melemahkan setan; membuatnya tak berdaya. Puasa adalah latihan mengendalikan hawa nafsu.
Di dalam tarekat, puasa adalah upaya mengendalikan diri kita secara lahiriah dan secara batiniah. Secara lahiriah, kita mengendalikan diri dengan mempuasakan seluruh panca indera kita. Dalam ilmu kebatinan, ketika kita melakukan semedi, kita harus menutup tujuh pintu masuk setan. Tujuh pintu itu adalah tujuh lubang dalam tubuh kita. Di antaranya mata, telinga, mulut, dan hidung. Dengan cara itu, kita dapat masuk ke dalam alam kesucian.
Secara lahiriah, puasa yang pertama di dalam tarekat adalah puasa menutup mulut kita atau puasa bicara. Puasa bicara bukan berarti meninggalkan pembicaraan yang kotor atau menggunjing orang lain. Dalam hadis Shahih Bukhari, Rasulullah saw bersabda, "Tidak dihitung mukmin, orang yang suka melaknat orang lain, suka menyakiti hati orang lain, atau berkata kotor." Ketika kita tak berpuasa pun, hal itu tidak boleh dilakukan, apalagi ketika kita sedang berpuasa. Yang dimaksud dengan puasa bicara adalah setelah meninggalkan pembicaraan tersebut di atas, kita menambah atau memperlebar puasa bicara kita dengan tidak membicarakan hal-hal yang tidak perlu. Kita tidak berbicara yang tidak berguna. Ciri mukmin yang sejati adalah menghindarkan pembicaraan yang tidak ada manfaatnya.
Yang dimaksud dengan manfaat di dalam hal ini adalah mendekatkan diri kepada Allah swt. Perkataan yang tidak membawa kita dekat kepada Allah swt adalah perkataan yang tidak bermanfaat. Hentikanlah perkataan seperti itu di dalam bulan puasa. Sebaiknya kita gantikan obrolan kita dengan memperbanyak dzikrullah, zikir kepada Allah swt.

SaaT - SaaT Di SkuLa Pd Blan RamaDHaN

pagi-pagi dah bngun bwat saur... dah saur lngsng sholat subuh, dah solat subuh, ngaji dulu, dah ngaji langsung tdur...


jam 7 bgun , lngsng mandi, nyiapin buku, truz manasin mtor, pergi ke skula deh...


di skula rme bnget... bljar di blan puasa, cman bentar... jam 12 jg dah plng lg...

apalagi ketemu ma anak" ips...

  • FaRiZ
  • Cu'PenK
  • TR
  • UcaN
  • Ai
  • NuNi
  • Varah
  • MiRa
  • DaRa
  • Ani
  • Ayu
  • icHa
  • SyiFa

duh tmend " yg baik.... sampai ketemu nanti y lebaran... dadah.. ^_^

mENjElanG sEKOLaH RamADHAn

hari minggu tanggal 16 September, saia bersiap plng ke tsk.. krena bsok, skolah di bulan ramadhan akan segera di mulai...

saia pun mulai mengemas baju dan barang" saia... aduh, bt ui.. ke tsk nya cman sma supir doang.. g da yg nganter, smua nya lg pda sibuk....


di jlan td nya maw buka , tp g jd ah.. lebar puasanya...

g krasa, dah nyampe lg d tsk... astagfirulloh, blum sholat dzuhur ma ashar....


sholat dulu ah,,

gara" cape bgd.. saia k tduran ampe magrib... alhamdullah buka...


bsok kan skula.. aduh tp bdn saia kya yg sakit... gmn yah???
kt k2 g usah skula dulu, biar fit bdn nya...


yauda deh, slasa ajh skula nya...

PuaSa Di HaRi Ke DuA

alhamdulilah... dah saur lg...
ga kerasa ya puasa dah hari ke dua lagi... emang sih, di awal puasa pasti ajh laper teh kerasa pisan... heheheheh ^_^
dah saur sholat subuh , truz di lanjutin baca al-quran.. ampe jam stengah enaman...
duh, ngantuk bgd... tdur dulu ah... zZz ...
jam10 bngun, lngsng mandi... duh dah mandi bete eung... ga da krjaan...
maen ps ah... ptama nya mah asyik.. lama" bosen jg, g da kaset yg rme sich...
dari pd ngebuang wktu pcuma... mending baca buku dulu ah...
eh, ga kerasa dah dzuhur lg... sholat dulu, biar tambah bnyak pahala nya...

udah dzuhur maen ke rmh tmend... yes ada motor yng maw di korek... bisa ngabuburit dong... hehehe...

ngoprek motor ampe ashar... truz sholat bareng dulu di mesjid ma tmend...

dah beres sholat, ngelanjutin ngorek motor nya... duh, kya nya hari ini g kan beres ...

yauda , bsok aja di lanjtin lagi...

magrib dah dteng... buka dulu yuks...

kya nya cukup sekian deh bwat hri ini...

dadah,,, ampe ktemu bsok ya...

Minggu, 23 September 2007

kamis, 13 September 2007

duh... ampir ajah kesiangan saur,, kemaleman sih kmaren tdr nya,,,
hajuh.. hajuh...
dah bers makan, g lupa sholat subuh...
kan wajib hukum nya menjalan kan sholat 5 waktu....

dah sholat, nonton tv dlu bntar,, ugh... g da yg rme...tidur ajh ah...

jam 09.00 bngun tdur... almahdulilah... tdr nya nyenyak... hehehehe....

o, ya lupa... jam 10 kan da janji , waduh harus buru" mandi dong... mandi kilat cuman 5 menit, [bersih g itu teh ?] ' ya bersih lah ... '

di jalan macet ui,,, pdhl kan bru jam 9.30... aneh. ada apa kah ini?? apa ada komo lewat?? hahaha...

akhirnya nyampe jg di tujuan... eh , tau nya dia blum dteng.. mem bete kan... yauda lah dr pd nunggu g jlas mening k bengkel dulu...

d bngkel bru rme, cz bnyak yg dteng ui... ' laris manis ' da yg nawar mbl lg,, memang sdang mujur...

g krasa jam 12.. sholat dulu ah...


dah sholat plng dulu... cape, lapar dan haus ui...

d rmh ntn sambil baca" buku...

pas ashar c k2 ngajak sholat d mesjid... sholat dulu ah...

jam 4 tmend saia nm nya prop k rmh, ngajak ke monumen... biasa.. ntn bali...

kita ntn ke asyikan.. ampe" dah magrib.. kepaksa deh buka di pinggir jalan...hahahahahahah, enak jg...

dah buka sholat dulu d mesjid pusdai... di situ rme jd saia diem dulu di situ ampe isya... tp g traweh soal nya ada acra sama kel...

TUGAS RAMADHAN 1428 HIJRIAH

Rabu,12 September 2007

malam pun tlah tiba, ga kerasa ya, dah traweh lg ,,

traweh pertama saia msh d bandung .. [ pulang kampung ceritanya], hwahwhawha...

di mesjid ktemu tmend" , duh... kangen jg ui pd mereka.. tp g jd deng kangen nya ,, soal nya mereka gilia" [ barudak hampura] ^_^

dah beres traweh semua tmend" pd k rmh,, 1 nya saia g taw maw apa mereka teh,,, eh taw nya pd maw maen petasan ... [ hajuh lalieur y .. ] tp g papa lah, memang sudah tradisi sich...

tp pas lg asyik maen petasan da yg lucu.. Trouble Maker's [TM] kart , ketawa nya kaya orang kesurupan. sampe" celana nya robek.....

hayo knp??? qo bsa ya???

nie jwbnya : gara" ketawa berlebihan ga sadar dia kentut,, ampe clana robek lg,,,

hahahahahahaha bogar ya???

wae ah....

dah malem nih,, maw tidur dulu ah,,, besok kan saur...

[TM] MoNTiR KuNo ^_^